Kawasan Wisata Pantai Tenggara dan Pantai Yilan

Pengenalan

Pantai Tenggara bermorfologi kasar berupa pegunungan yang rapat hingga ke tepi laut. Gelombang laut memecah batuan yang menyusun pegunungan ini hingga membentuk morfologi yang sangat dramatis. Proses pembentukan gunung ini tiba-tiba berhenti dan Dataran Lanyang berbentuk segitiga berlapis lanau di Kawasan Yilan tersingkap.

Tempat wisata yang menarik di daerah selatan dari Kota Keelung adalah Nanya. Di sini terdapat batu pasir unik dan formasi batu besi yang tersingkap akibat erosi angin dan air. Bentuk seni alam yang paling terkenal adalah sebuah pilar berlurik raksasa yang menyerupai dua kerucutes krim yang meleleh. Jalan setapak menuntun anda di antara dan di atas bongkahan batu.


  • Jalan utama di Pelabuhan Aodi adalah jalan raya yang sejajar dengan kedai-kedai makanan laut dengan hidangan yang segar. Masyarakat lokal berkumpul di tempat ini pada akhir pekan dan hari libur. Selanjutnya adalah Pantai Fulong yang merupakan pantai di kawasan pantai tenggara yang sangat terkenal. Pantai ini mempunyai sarana yang lengkap untuk olahraga air seperti wind- surfing (perahu layar/selancar), perahu dayung, kayak dan kemah (camping). Ada pula jalur khusus untuk pesepeda dan pendaki gunung (hiking).
  • Beiguan Tidal Park (Taman Pasang Surut Beiguan), terletak tepat sebelum Dataran Lanyang. Taman ini terbentuk di atas massa batu karang yang besar yang terangkat dari dasar laut akibat gaya tektonik. Batuan ini tersusun pada lereng yang landai dan batu tofu, dan dilalui oleh jalan sempit yang memutar.
  • Tepat di lepas pantai, terdapat Pulau Guishan (“Gunung Kura-kura”) yang dipadati oleh kapal wisatawan dari pelabuhan Wushi. Pulau vulkanik ini berbentuk seekor kura-kura yang kini tak berpenghuni. Lumba-lumba dan paus sering terlihat berenang-renang di perairan ini.

Galleri

Laman Web Yang Berguna

Kawasan Yilan
Beiguan Tidal Park
Pulau Guishan