Jalur Sepeda Taipei/Distrik Xinyi/Jalan Xinyi


Distrik Xinyi yang ramai dikenal sebagai tempat dimulainya sistem sewa sepeda Taiwan. Distrik ini dipenuhi oleh gedung tertinggi Taiwan, toko-toko buku besar 24 jam, dan beragam klub trendi, restoran berkelas, serta mal mewah. Area ini juga cukup ramah sepeda, yang menyediakan jalur sepeda di sepanjang dan di antara jalan raya utama, termasuk jalan Ren’ai dan Xinyi. Sewa saja YouBike lalu jelajahi area ini untuk menikmati salah satu bagian Taipei yang paling ramai dan modis.


Daya tarik utama daerah ini yang tak terbantahkan adalah menara Taipei 101 yang ikonik. Menara ini menjulang setinggi 508m dan menjadi bangunan tertinggi di dunia sejak pembukaannya pada tahun 2004 hingga 2010. Saat ini, menara ini menempati urutan ke-11 di antara gedung pencakar langit dunia. Struktur kaca dan bajanya berbentuk bambu atau pagoda masa depan yang modern, yang tampak memukau bila dilihat dari bawah.


Tepat di sebelah barat daya Taipei 101 terdapat Desa Selatan 44, yang dulunya adalah bagian dari bekas pemukiman militer yang diubah menjadi taman kreatif budaya. Di desa ini dapat ditemui butik berseni, pasar makanan lokal, ruang pertunjukan, dan pasar terbuka. Jalur sempit di antara bangunan beton warisan kuno ini sangat menyenangkan untuk dilalui dan sangat kontras dengan tetangganya yang berarsitektur modern yang glamor.


Setelah kedai utama Eslite di Jalan Selatan Dunnan yang beroperasi selama 31 tahun ditutup pada bulan Mei, tradisi kedai buku yang beroperasi 24 jam ini telah diwarisi cawangan Xinyi. Kedai Eslite yang bertingkat ini terletak di tengah-tengah kawasan beli-belah mewah. Selain memiliki medan selera, kedai kopi dan galeri kesenian, Kedai Eslite Xinyi juga terdapat pusat beli-belah yang menjual pelbagai jenis produk pereka tempatan dan/atau kreatif.


Jalan Raya Taichung / Seni Taichung


Ambillah YouBike di depan Museum Seni Nasional Taiwan (www.ntmofa.gov.tw) di Taichung dan pergilah ke Museum Seni Parkway, Anda akan disambut oleh koridor hijau menyegarkan di tengah kota yang dipenuhi dengan restoran, galeri, toko buku, dan butik. Jalur batu bata yang berkelok-kelok di tengah taman akan mengarahkan para pejalan kaki dan pengendara sepeda untuk menyusuri serangkaian karya seni publik berskala besar. Pada malam hari, pencahayaan jalannya mampu memberikan suasana yang menenangkan dan romantis, dan selama akhir pekan tempat ini ramai dengan kegiatan seni budaya seperti pertunjukan jalanan dan konser.


Setelah mengembalikan sepeda, bersantailah di salah satu dari banyak restoran di parkway yang menawarkan pilihan bersantap hidangan mancanegara, yang terdiri dari masakan asli Taiwan hingga Yunani, India, Prancis, dan Thailand. Tentu saja, jangan lupa untuk melihat museum seninya, yang merupakan salah satu museum seni yang terbesar di Asia. Di sana terdapat taman terbuka yang dibentuk dengan indah dan menampilkan sebagian besar karya modern dan kontemporer seniman Taiwan, selain juga menyelenggarakan pameran khusus karya seniman luar negeri.


Anda juga dapat melanjutkan bersepeda ke Kaligrafi Greenway yang berada berdekatan lalu menyusuri hingga ke Museum Nasional Ilmu Pengetahuan Alam (www.nmns.edu.tw) yang memiliki banyak pemandangan untuk membuat Anda sibuk di sepanjang jalan.