Dengan tersedianya kombinasi yang hebat antara sistem sepeda sewaan dengan jalur sepeda khusus yang dibangun di kota-kota di sebelah utara dan di sepanjang pantai baratnya, Taiwan memang telah menjadi surga bagi pengendara sepeda perkotaan. Rute sepedanya telah direncanakan dengan cermat sehingga dapat terhubung ke pusat transportasi umum, ruang hijau, dan tempat wisata, yang membuka peluang baru untuk berwisata di pulau itu.


YouBike (www.youbike.com.tw) diluncurkan pada tahun 2009 di Distrik Xinyi yang elit di Kota Taipei dengan hanya 11 stasiun dan 500 sepeda sebagai program uji coba. Sepeda-sepedanya telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, memberikan pilihan yang ramah lingkungan dan sehat bagi komuter dan membuka peluang wisata baru bagi para pengunjungnya. Kendaraan beroda dua berwarna oranye dan kuning itu kini telah menjadi elemen penting dalam pemandangan jalanan Taipei – meskipun sepeda versi 2.0 yang baru diluncurkan hadir dalam warna putih mutiara dan kuning. Kota Taipei Baru, Taoyuan, Hsinchu, Miaoli, Taichung, Changhua, dan Kaohsiung menggunakan sistem Youbike.


Tainan, Kota Pingtung, dan Kinmen mengoperasikan sistem mereka sendiri, yaitu T-Bike (tbike.tainan.gov.tw), Pbike (pbike.pthg.gov.tw), dan K-Bike (www.qbike.com.tw)


Kecuali untuk Pbike, yang hanya menerima pembayaran dengan kartu iPass (www.i-pass.com.tw), semua sistem sepeda sewaan Taiwan dapat dibayar dengan EasyCard (www.easycard.com.tw). Kedua jenis kartu ini dapat digunakan di hampir semua transportasi umum, dan tersedia di semua toko serba ada. Sistem ini juga menerima pembayaran dengan kartu kredit untuk penyewaan satu kali, tetapi jika Anda tinggal selama beberapa hari di Taiwan, sangat disarankan untuk membeli EasyCard, karena kartu tersebut juga dapat berfungsi sebagai dompet elektronik.


Sistem sewanya sangat mirip – pendaftaran diselesaikan di kios yang ada di setiap stasiun, di mana pengguna dapat mulai menyewa sepeda setelah menunggu sebentar. Pendaftaran juga dapat dilakukan via online, serta menggunakan aplikasi seluler. Prosedur sewanya sedikit berbeda antar sistem, tetapi kebanyakan harus meletakkan kartu di pendeteksi di dermaga atau kios. Pastikan untuk memeriksa ban, kursi, tekanan rem, dan lampu sebelum menggunakan sepeda, karena sepeda-sepeda ini telah dipakai berulang kali. Anda harus menunggu 15 menit setelah mengembalikan satu sepeda sebelum mengambil yang baru.


Hal terbaik tentang sepeda ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Biaya sewa YouBike NT$10/Rp. 5.000,- per 30 menit selama empat jam pertama, sedangkan Pbike dipinjamkan gratis untuk setengah jam pertama. Sistem K-Bike bahkan lebih murah, menawarkan pinjaman sepeda gratis untuk satu jam pertama.