Tiga Rangkaian Desa Berbukit Hakka: Zhudong, Beipu, dan Nanpu


Desa berbukit di barat laut Taiwan dikenal sebagai desa Hakka. Hakka adalah suku minoritas Tionghoa Han yang memiliki budaya khas, tradisi kuno dari para leluhur, dan yang terutama, komunitasnya sangat akrab. Komunitas utama mereka adalah petani, dan di artikel ini Anda akan mengunjungi tiga pemukiman tua komunitas Hakka yang berdiam di perbukitan Distrik Hsinchu. Diantaranya adalah dua kota dan satu desa yang saling berdekatan dan membentuk museum hidup yang sesungguhnya.


北埔老街1

Gang di kota Beipu


Istilah “Hakka” berarti “suku tamu.” Sepanjang sejarah Tiongkok dan kemudian menjadi Taiwan (hingga abad ke-20), Hakka identik dengan kisah migrasi besar-besaran yang dilakukan secara paksa dari lahan pertanian yang lebih subur ke lahan yang lebih terpencil, yang biasanya terletak di perbukitan. Sebelum pindah besar-besaran ke Taiwan pada awal tahun 1600-an, mayoritas suku Hakka telah menetap di provinsi Guangdong tenggara Tiongkok sedangkan komunitas yang lebih kecil menetap di provinsi Fujian yang bersebelahan. Kedua wilayah ini merupakan wilayah berbukit/bergunung-gunung.


Pada artikel ini kami akan memperkenalkan tiga tempat yang saling berdekatan di Daerah Hsinchu, dan di wilayah perbukitan sebelah tenggara Kota Hsinchu yang telah berkembang pesat. Wilayah Hsinchu juga terletak di sepanjang pantai. Masing-masing wilayah itu dikembangkan sebagai pasar dan pusat pasokan bagi para petani Hakka yang bermata pencaharian dari lahan pertanian yang subur di kawasan itu. Para perantau ini memiliki air bergizi yang berasal dari pegunungan yang terlihat jelas hingga ke timur.


Ketiga tempat ini memiliki daya tariknya sendiri. Seperti kota-kota dan desa-desa Hakka lainnya di sekitar pulau, upaya terkoordinasi telah dilakukan oleh penduduk setempat, oleh pemerintah maupun perorangan, untuk mempercantik distrik mereka demi menarik wisatawan. Anda akan melihat banyak wisatawan yang menyusuri jalan pertokoam lama, terutama pada akhir pekan/hari libur, membuktikan bahwa upaya ini telah membuahkan hasil yang baik.


Zhudong


Hari ini, kami juga mengunjungi desa Zhudong, yang jauh lebih besar dan sibuk. Zhudong terletak di samping sungai yang sama yang mengalir melewati Kota Hsinchu menuju ke laut. Tepat di hulu sungai, lembah yang luas dan subur menyempit sangat mendadak dan mengarahkan Anda ke distrik ngarai dan berbukit “Zhudong” yang berarti “sebelah timur Hsinchu”; zhu dan chu dalam nama ini memiliki karakter yang sama, yang berarti “bambu”, mengacu pada dinding bambu besar berduri yang pernah mengelilingi kota.


Jantung kota ini adalah Pasar Zhudong, pasar tradisional terbesar Hakka di Taiwan, yang berpusat di Jalan Donglin. Pasar ini memiliki sejarah lebih dari 60 tahun. Pada masa ini pasar yang lebih tua dan lebih kecil secara bertahap ditutup. Pasar Zhudong memiliki sekitar 500 pedagang yang menjual banyak produk pertanian dan makanan siap saji khas Hakka. Topik selanjutnya di artikel ini akan membahas produk-produk ini. Ada dua hidangan istimewa yang selalu diminati, yaitu sayuran khas Hakka yang diawetkan yang disebut fucai dan hidangan gurih lezat yang terbuat dari mie beras lebar, pipih, dan kenyal yang disebut bantiao.


竹東天主堂

Gereja Katolik Zhudong


Sebuah gereja besar yang terletak di Jalan Donglin kelihatan tidak selaras dengan para penjual yang berpakaian berwarna-warni dan suasana hiruk pikuk di sana. Jangan lupa untuk berkunjung ke Gereja Katolik Zhudong. Pada fasad di salah satu ujungnya menampilkan karya seni besar yang menggambarkan merpati perdamaian. Di sisi lainnya terpampang gambar Kristus Sang Juru Selamat setinggi dua lantai dengan tangan terangkat tinggi. Bangunan bergaya Gotik yang dimodifikasi ini dibangun pada tahun 1954 oleh seorang pastor Jesuit Spanyol. Bangunan ini menjadi gereja besar pertama yang dibangun di wilayah Hsinchu setelah pemerintahan Nasionalis (dan banyak misionaris) dievakuasi ke Taiwan pada tahun 1940-an.


Mitaimu adalah mie beras khas Hakka lainnya – mie pendek, lebih tebal dari spageti, yang rasanya kenyal luar biasa. Beberapa blok dari pasar terdapat salah satu penjual Zhudong yang paling populer, Meilan A-yi. Restoran lucu dan nyaman ini memiliki etalase toko yang menghadirkan suasana rumah pertanian dan dihiasi dengan bangku kayu jongkok, bangku kayu pendek, dan karung goni. Di musim panas, es mitaimu sangat populer – sepiring es, bihun, bola tapioka kecil, kacang hijau, jeli, dan sirup manis. Versi minumannya juga disajikan di sana. Di musim dingin, mitaimu gorengnya disajikan dengan daging babi cincang, daun bawang cincang, tauge, dan kuah kaldu khas Meilan A-yi yang kaya rasa dan beraroma harum dengan kuah kental.


Meilan A-yi (美蘭阿姨)

Alamat: Jalan Sanmin No. 59, Kota Zhudong, Daerah Hsinchu (新竹縣竹東鎮三民街59號)

Tel: +886-936-080-704

Facebook: facebook.com/mmmei595959


美蘭阿姨_陳正國攝 (1)

Meilan A-yi

美蘭阿姨

Mitaimu


Beipu


Kota Beipu dapat dicapai dengan berkendara sebentar ke arah barat daya Zhudong. Jalan Raya Provinsi 3 yang melintasi Zhudong, dan membentang di sepanjang sisi barat Beipu. Rute tua, berkelok-kelok, dan sangat indah ini menyusuri distrik perbukitan sisi barat Taiwan hingga ke selatan.


北埔老街

Jalan Tua Beipu

廣福茶坊

Kedai Teh Guangfu


“Beipu” secara harfiah berarti “tanah datar utara.” Kata pu berarti “tanah datar/dataran terbuka”, biasanya terletak di samping sungai dan dikembangkan oleh pemukim setempat. Kota ini terletak di dataran rendah, dan desa Nanpu atau “tanah datar selatan” di dataran rendah tepat di selatan. Beipu memiliki banyak situs warisan nasional resmi dan pertokoan tua, kedai teh, restoran, dan perusahaan lain yang dikelola turun temurun, terutama “di” Jalan Tua Beipu – istilah ini sebenarnya mengacu pada distrik perdagangan lama.


Beipu dan daerah sekitarnya dikenal dengan berbagai produk pertanian, terutama teh, bihun/nasi, dan kesemek kering. Kunjungi Kedai Teh Guangfu berlantai dua, yang dibangun dari kayu tua dan bata merah besar dan indah yang dipenuhi dengan barang antik dan retro yang menyajikan teh, camilan manis, dan makanan panas (berbagai masakan Hakka). Nama Guang dan fu mengacu pada daerah leluhur Hakka dan Holo Taiwan yang disebutkan di atas, provinsi Guangdong dan Fujian.


Sajian Kedai Teh Guangfu yang istimewa dan sangat populer lainnya adalah leicha, yang juga disajikan di beberapa lokasi Beipu lainnya, di mana Anda sendiri yang menggiling leicha Hakka atau “teh guntur” dengan lesung dan alu tradisional. “Guntur” mengacu pada suara menggelegar dari proses penggilingan. Ini bukan teh yang biasa Anda gunakan – bahan-bahannya meliputi daun teh kering dan kacang panggang, biji wijen, dan biji labu. Teh ini sangat mengenyangkan, dan menjadi salah satu hidangan bernutrisi dalam makanan tradisional Hakka sebagai pengganti energi setelah bekerja keras.


Kedai Teh Guangfu (廣福茶坊)

Alamat: Kelurahan 2 No. 10, Desa Beipu, Distrik Beipu, Wilayah Hsinchu (新竹縣北埔鄉北埔村二鄰10號)

Tel: +886-3-580-4543


廣福茶坊1

Teh Guntur (leicha)

廣福茶坊_陳正國攝 (2)

Menyiapkan leicha ala Hakka adalah cara yang populer dan menyenangkan untuk mempelajari masakan dan budaya lokal


Kue Kesemek Lord Jiang’s adalah salah satu dari jajaran toko-toko paling menarik di Beipu. Angin Beipu sangat cocok untuk pengeringan alami, dan penduduk kota membuat berbagai kesemek kering yang manis, sedikit lengket, dan kenyal. Lord Jiang’s sangat murah hati dalam memberikan sampel gratis, dan menjual buket-buket hadiah yang dikemas dengan menarik.


Kue Kesemek Lord Jiang’s (姜太公柿餅)

Alamat: Jalan Miaoqian No. 24, Distrik Beipu (北埔鄉廟前街24號)

Tel: +886-954-079-958

Facebook: facebook.com/lordjiangspersimmoncake.tw


柿餅

Kue Kesemek


Nanpu


Jalan Raya Provinsi 3 berbelok di sekitar Nanpu, ke wilayah baratnya. Beipu dan Nanpu berdekatan dan hanya dipisahkan oleh dataran rendah dengan aliran sungai dan saluran irigasi yang mengalir melaluinya. Setiap inci dari dataran rendah ini telah dikembangkan, ditutupi dengan sawah yang tertata rapi, kebun buah-buahan, dan hamparan sayuran. Ketika tanaman yang beraneka ragam ini secara bersamaan bermekaran di waktu panen, keindahan warna-warninya menyerupai lukisan Van Gogh. Keindahan ini semakin memesona berkat jembatan baja berwarna merah terang (Jembatan Nanpu) yang membentang di sungai yang mengalir di jalan sempit yang menghubungkan pemukiman.


Nanpu tercatat sebagai sebuah desa, tetapi tempat tinggal di wilayah ini cukup tersebar. Penduduk setempat menggunakan istilah Komunitas Nanpu. Anda akan menemukan banyak tempat tinggal berarsitektur tradisional di sana, serta keindahan khas desa seperti kincir air kayu pusaka (berasal dari tahun 1845) dan paviliun tempat mencuci pakaian dari kayu di saluran irigasi.


Aula Jinjian adalah kediaman bergaya taman Hakka berusia seabad. Aula ini saat ini berfungsi sebagai aula pameran yang dipenuhi dengan wisma dan peralatan pertanian yang mengajarkan pengunjung tentang kehidupan tradisional di desa pertanian.


_南埔社區百年水車

Kincir air kayu tua

南埔社區藍染

Pewarnaan nila di Komunitas Nanpu


Toko Roti BK Fun adalah toko roti yang sangat sederhana. Toko roti ini menempati rumah pertanian berbata merah tua yang letaknya hampir tersembunyi di antara pepohonan. Perlengkapan pertanian tergeletak di sekitar area pintu masuknya. Tumpukan besar kayu bakar berderet di jalan masuknya yang teduh. Kayu ini digunakan di dalam oven Romawi besar (juga disebut “hitam”) yang dibuat dengan tangan oleh pemiliknya. Aroma di dalamnya sangat manis. Roti istimewanya adalah roti padat gaya Eropa yang ramah lingkungan. Ada pula roti yang direkomendasikan secara khusus, yang menggunakan bahan-bahan khas Taiwan, seperti lengkeng dan nanas.


Toko Roti BK Fun (BK坊窯烤麵包)

Alamat: Kelurahan 3 No. 30, Desa Nanpu, Distrik Beipu, Wilayah Hsinchu (新竹縣北埔鄉南埔村3鄰30號)

Tel: +886-932-133-564

Situs Web: www.bkfun.com.tw (Bahasa Mandarin)


BK坊窯烤麵包

Toko Roti BK Fun

BK坊窯烤麵包_VISION

Kafe HuKu PuKu yang nyaman, dioperasikan oleh seorang wanita muda setempat. Kafe ini berada di sebuah kabin kecil. Di salah satu sisi kafe terdapat saluran irigasi yang gemericik dan kincir air kayu. Di sisi lainnya ada kolam irigasi yang tertata rapi. Menunya meliputi teh, kopi, smoothie, dan minuman lainnya, serta makanan ala Barat yang ramah lingkungan seperti brownies, kue kering, dan kue-kue buatan sendiri. Dari kafe, Anda dapat menikmati pemandangan ladang dataran rendah yang indah, cocok untuk melepas penat.


HuKu PuKu (樂田園)

Alamat: Kelurahan 1 No. 1-7, Desa Nanpu, Distrik Beipu, Wilayah Hsinchu (新竹縣北埔鄉南埔村1鄰1-7號)

Tel: +886-988-986-862


樂田園

HuKu PuKu