Michelin dengan bangga mengumumkan hasil seleksinya untuk Panduan Kuliner Taipei MICHELIN yang perdana, selepas menyeleksi 110 restoran yang mencakup 33 jenis masakan, termasuk 20 restoran yang meraih predikat satu atau lebih bintang.

Michael Ellis, Direktur Internasional untuk panduan kuliner MICHELIN, berkomentar: “Taipei adalah kota yang begitu kaya akan sejarah gastronomis dan ragam sajian masakannya begitu luar biasa. Demi mengejar kepuasan pelanggan yang semakin penasaran akan rasa baru dan pengalaman yang berbeda, kota ini juga menciptakan suasana bersantap yang sungguh dinamis dan inovatif “

Pada seleksi perdana panduan kuliner Taipei oleh MICHELIN ini, restoran Kanton Le Palais meraih tiga bintang. Menyajikan hidangan Kanton yang lezat dan rumit serta masakan asli Tiongkok lainnya, Le Palais dipimpin oleh Chef Chan, yang hijrah dari Makau ke Taiwan 20 tahun lalu. “Chef Chan dan timnya telah menguasai seni memasak berbagai jenis masakan Tiongkok, dan pengalaman makan di sini sungguh luar biasa; layak menjadi tujuan petualangan kuliner tersendiri! Bebek panggang renyah ala Kanton, lobster, tofu dan hidangan lainnya luar biasa, serta kue tar  kustar telur panggangnya istimewa. Semua kreasi sang koki ini telah mencuri hati para penilai” lanjut Michael Ellis.

Dua restoran memperoleh dua bintang dalam seleksi panduan kuliner Taipei 2018 versi MICHELIN: Ryu Gin, sebuah restoran Jepang kontemporer yang menyajikan masakan Jepang modern yang kreatif dengan bahan-bahan unggulan Taipei dan memasukkan unsur-unsur halus dari gastronomi Taiwan ke dalam hidangannya, serta The Guest House, sebuah restoran yang menyajikan masakan Tiongkok dan di sini sajian Hunan dan Sichuan disulap menjadi pemikat mata yang lezat dengan tekstur dan rasa yang luar biasa.

Tujuh belas restoran yang menyajikan beragam masakan mulai dari masakan Eropa modern, Jepang, Barbeque hingga Hangzhou, meraih satu bintang tahun ini. Restoran kontemporer Eropa MUME dan Longtail, restoran kontemporer Perancis L’Atelier de JoëlRobuchon dan La Cocotte by Fabien Vergé masing-masing memenangkan satu bintang. Restoran Taiwan dalam kategori bintang satu diwakili oleh Golden Formosa dan Ming Fu. RAW, milik Andre Chiang, , dan Taïrroir, sebuah restoran inovatif, juga meraih satu bintang. Dua restoran Kanton, Ya Ge dan Three Coins, mendapat predikat satu bintang tahun ini. Ada pula tiga restoran sushi, yaitu Kitcho, Sushi Nomura dan Sushi Ryu, yang masing-masing memenangkan satu bintang.

Selain itu, kategori Bib Gourmand yang dirilis berisi 36 tempat makan, di mana 10 di antaranya adalah Makanan Jalanan dari Pasar Malam. Hasil seleksi ini memperlihatkan bahwa Pasar Jalanan telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Taiwan yang menganggap pasar jalanan bukan sekadar tempat wisata, namun sebagai tempat makan dengan banyak  kedai yang menjajakan makanan ringan dan makanan berat yang enak. Hasil seleksi Bib Gourmand juga memperlihatkan keragaman makanan, di mana semua jenis masakan yang secara keseluruhan berjumlah sebelas, dapat ditemukan, termasuk mi daging sapi ala Taiwan yang sangat terkenal, serta masakan asli Taiwan.

Hasil seleksi lengkap dari Panduan Kuliner Taipei 2018 versi MICHELIN dapat ditemukan di situs jejaring Panduan Kuliner Taipei 2018 versi MICHELIN https://guide.michelin.com/tw/en/taipei dan juga tersedia di toko buku. Hasil seleksi baru ini mencakup:

✓ 1 restoran dengan tiga bintang,
✓ 2 restoran dengan dua bintang,
✓ 17 restoran dengan satu bintang,
✓ 36 restoran dengan Bib Gourmand

PANDUAN KULINER TAIPEI 2018 MICHELIN 

Restoran berbintang – Hasil seleksi 

3 Bintang ♥♥♥

Masakan Luar biasa, layak menjadi tujuan petualangan kuliner tersendiri 

Penghargaan tertinggi Micheliln dianugerahkan untuk masakan terbaik dari para chef terkemuka dalam profesi mereka. Bahan-bahan yang dipergunakan adalah pilihan terbaik, sehingga masakan yang dihasilkan layak disebut sebagai karya seni dan hidangan mereka kerap ditahbiskan sebagai hidangan klasik.

Le Palais頤宮 Masakan Kanton

2 Bintang ♥♥

Masakan istimewa, layak menjadi tujuan khusus  

Kepribadian dan bakat sang chef dan timnya terlihat dalam hidangan yang rumit dan disajikan secara ahli.

RyuGin 祥雲龍吟 Masakan Jepang kontemporer
The Guest House 請客樓 Masakan Tiongkok

1 Bintang ♥

Masakan berkualitas tinggi, layak disinggahi! 

Dalam kategori ini, restoran menggunakan bahan-bahan berkualitas dan menyajikan hidangan yang dipersiapkan secara saksama dengan rasa yang unik.

Da-Wan大腕 Masakan Barbecue
Danny’s Steakhouse教父牛排 Steakhouse
Golden Formosa 金蓬萊遵古台菜 Masakan Taiwan
Ken An Ho 謙安和 Masakan Jepang
Kitcho 吉兆割烹壽司 Sushi
L’Atelier de JoëlRobuchon 侯布雄 Masakan Perancis kontemporer
La Cocotte by Fabien Vergé Masakan Perancis kontemporer
Longtail  Masakan Eropa kontemporer
Ming Fu 明福台菜海產 Masakan Taiwan
MUME Masakan Eropa kontemporer
RAW Masakan inovatif
Sushi Nomura 鮨野村 Sushi
Sushi Ryu 鮨隆 Sushi
Taïrroir  Masakan inovatif
Three Coins 大三元 Masakan Kanton
Tien Hsiang Lo 天香樓 Masakan Hang Zhou
Ya Ge 雅閣 Masakan Kanton

Tentang Panduan Kuliner MICHELIN

Panduan kuliner MICHELIN menyeleksi restoran dan hotel terbaik di 31 negara dan wilayah cakupannya. Seraya memberikan informasi tentang santapan gourmet berkualitas di seluruh dunia, panduan ini menyoroti dinamika kuliner suatu negara, serta tren baru dan chef muda baru yang berbakat. Dengan membubuhkan nilai berdasarkan keunikan sebuah restoran setiap tahunnya, panduan kuliner MICHELIN turut meningkatkan prestise gastronomi lokal, sehingga kota dan negara tersebut kian menarik bagi wisatawan.  Dengan metode yang sangat selektif dan pemahaman mendalam tentang industri perhotelan dan restoran, panduan kuliner MICHELIN dengan keahlian uniknya mampu membuat pelanggan merasakan layanan berkualitas yang sesungguhnya. Hasil seleksi tersedia dalam versi cetak dan digital. Keduanya dapat diakses melalui internet dan melalui berbagai media seluler yang menawarkan kemampuan navigasi yang telah disesuaikan dengan penggunaan individual serta layanan pemesanan online. Dengan panduan kulinernya, MICHELIN Group terus membantu jutaan pelancong sehingga mereka dapat merasakan pengalaman melancong yang unik.

Tentang Michelin

Sebagai perusahaan manufaktur ban terkemuka di dunia, Michelin telah mengabdikan diri untuk meningkatkan mobilitas barang dan manusia secara berkelanjutan. Ban yang diproduksi dan dijual digunakan secara luas untuk berbagai sarana transportasi, seperti pesawat terbang, mobil, sepeda/sepeda motor, truk konstruksi, kendaraan pertanian, truk transportasi, dan sebagainya. Selain itu, Michelin menawarkan layanan mobilitas pendukung digital dengan informasi tur melalui situs jejaring ViaMichelin.com, dan juga menerbitkan panduan wisata, panduan hotel dan kuliner, serta koleksi peta jalan. Kantor pusat Michelin Group berada di Clermont-Ferrand, Prancis, dan beroperasi di 17 negara dengan 68 pabrik serta lebih dari 111.700 karyawan di lebih dari 171 negara. Michelin telah mendirikan pusat teknologinya, dan sejumlah departemen riset dan operasi di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. (Untuk informasi lebih lengkap, silakan buka www.michelin.com)

Pada tahun 1972, Michelin secara resmi diluncurkan di Taiwan dan berbasis di Xizhi Dist. di New Taipei City dengan target bisnis berupa penjualan ban Michelin untuk mobil penumpang, truk ringan, truk-bus, truk alat berat, kendaraan pertanian, sepeda atau sepeda motor.