Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2021: 8 Restoran yang Baru Dianugerahi Bintang MICHELIN dan Bintang Hijau MICHELIN Memulai Debutnya untuk Menghargai Komitmen Gastronomi Berkelanjutan yang Luar Biasa


Michelin2

Di Taipei, satu restoran baru berpredikat 2 Bintang dan lima restoran baru 1 Bintang terpilih bersama dengan dua restoran baru 1 Bintang di Taichung, dan Bintang Hijau MICHELIN pertama yang diberikan kepada dua restoran.


#MICHELINGUIDETW  #MICHELINSTAR21


Michelin dengan bangga mempersembahkan daftar lengkap restoran di Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung edisi 2021, yang dirilis bersama dengan Bib Gourmand dan MICHELIN Plate. Dalam edisi terbaru ini, ada sebanyak 177 tempat di Taipei dan 69 tempat di Taichung yang dipilih oleh inspektur MICHELIN.


“Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi semua orang, terutama untuk industri makanan. Terlepas dari tantangannya, para koki dan restoran di Taipei dan Taichung memang tidak pernah berhenti membuat tim kami terkesan. Dengan membayangkan konsep baru, meluncurkan inisiatif baru, dan menciptakan sarana untuk melestarikan relasi dengan pengunjung mereka, kedua kota ini berhasil menampilkan kecekatan, kegigihan, dan kreativitasnya. Kedua destinasi ini juga berhasil mempertahankan skill kulinernya di level tertinggi. Kami sangat bangga, dan dengan edisi 2021 ini, kami menonjolkan dan menghargai bakat mereka sambil meluncurkan permata gastronomi baru,” ujar Gwendal Poullennec, Direktur Internasional Buku Panduan MICHELIN. “Saya juga sangat senang bahwa Bintang Hijau MICHELIN berhasil masuk ke dalam Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung, menonjolkan komitmen berkelanjutan dari dua restoran pionir. Semoga perbedaan ini mampu memotivasi dan menginspirasi tidak hanya restoran lain, tetapi juga setiap pencinta kuliner.”


Taipei: 1 Restoran 2 Bintang Baru


L’Atelier de Joël Robuchon, yang telah dianugerahi Bintang MICHELIN selama tiga tahun terakhir, telah dipromosikan menjadi 2 Bintang MICHELIN tahun ini. Chef Florence Dalia, yang telah memimpin dapur sejak 2019, adalah kepala koki wanita pertama dengan basis grup Asia. Florence menambahkan sentuhan halus pada masakan khas restoran dan menciptakan kembali masakan klasik Prancis dengan mengusung keterampilan, perhatian dengan penuh percaya diri.


Pada seleksi tahun 2021, ada sebanyak 7 Restoran 2 Bintang MICHELIN di Taipei, termasuk Logy, RAW, Shoun RyuGin, Sushi Amamoto, Taïrroir, dan The Guest House, yang semuanya berhasil mempertahankan 2 Bintang MICHELIN mereka.


5 Restoran Baru di Taipei Mendapatkan Bintang Michelin Pertama Kali

Michelin

Memiliki makna “Di Malam Hari” dalam bahasa Prancis, dekorasi De Nuit memang dilengkapi dengan tepat sesuai dengan namanya. Tim dapur yang tergolong muda melapisi tekstur dan rasa di setiap hidangan, dengan mengadopsi tradisi Prancis dan bahan-bahan musiman.


Fujin Tree Taiwanese Cuisine & Champagne (Songshan) memasangkan kembali makanan favorit Taiwan dengan Champagne Prancis, untuk menciptakan sensasi hidangan Taiwan yang berbeda.


T+T, yang namanya merupakan singkatan dari “Tapas Tasting”, memberikan sentuhan kreatif pada tapas Spanyol. Piring-piring kecilnya menampilkan akar Asia yang kuat, dan daftar wine eklektiknya memberikan beberapa pilihan yang menarik.


Restoran Taiwan Mipon mengkhususkan diri dalam masakan Taiwan bergaya rumahan dengan detail rumit dan sentuhan modern. Di Mudan, bahan musiman dari Taiwan dan Jepang dilapisi dengan adonan lembut dan digoreng hingga sempurna. Mipon dan Mudan keduanya dipromosikan ke peringkat 1 Bintang oleh MICHELIN Plate.


Dengan tambahan baru ini, Taipei memiliki total 21 restoran 1 Bintang MICHELIN.


Restoran Kanton Le Palais berhasil mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya restoran 3 Bintang di Taipei dan Taichung. Secara keseluruhan, Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung edisi 2021 mengakui 29 restoran Bintang MICHELIN di Taipei.


Selain enam restoran baru berbintang, ada 14 restoran di Taipei yang baru saja masuk seleksi berkat penghargaan MICHELIN Plate. Mereka mencakup beragam masakan, dari Eropa kontemporer (CEO 1950), inovatif (Embers, Holt, dan MU:), Italia (Artbrosia), Prancis (Bistro le Jardin), Taiwan (44 SV dan Sinchao Rice Shoppe), dan Jepang (Tsuki Yo Iwa dan Uke); serta berbagai gaya yang mencakup yakiniku (Baho), steak (Fresh & Aged), sushi (Shan Chiu), dan vegetarian (Yangming Spring Shilin) ​​— ini membuktikan bahwa Taipei memang merupakan pusat gastronomi yang dinamis dan menarik, tempat berkumpulnya para peracik kuliner berbakat dari seluruh dunia.


Taichung: 2 restoran 1-Bintang Baru


Pada tahun kedua pemilihan untuk kota Taichung, Oretachi No Nikuya kembali menerima Bintang MICHELIN. Restoran ini pindah pada akhir Maret ke tempat baru yang hanya berjarak 15 langkah dari alamat sebelumnya dan penghargaan Bintang MICHELIN diberikan sebagai pengakuan atas standar tinggi yang berkelanjutan dari restoran yakiniku dalam menghidangkan potongan daging sapi Hida yang berharga dan berjenis langka, yang diracik dalam menu rahasia bagi mereka yang paham.


Sur dianugerahi 1-Bintang oleh MICHELIN Plate. Sur dinamai sesuai dengan visi pemiliknya, seorang koki muda yang ingin meningkatkan bahan-bahan sehari-hari Taiwan menjadi masakan berkelas melalui penggunaan teknik modern dan menu berharga tetap yang berubah setiap musim.


Selain Oretachi No Nikuya dan Sur, Fleur de Sel dan Forchetta sama-sama berhasil mempertahankan satu peringkat Bintang MICHELIN, sehingga jumlah restoran 1-Bintang di Taichung menjadi empat. Sementara itu, JL Studio mempertahankan perbedaannya sebagai satu-satunya restoran di Taichung dengan Dua Bintang MICHELIN.


Yang Pertama di Taipei: 2 Restoran Dianugerahi Bintang Hijau MICHELIN 

Dua restoran di Taipei — restoran Taipei 1-Bintang Mountain and Sea House dan restoran yang baru direkomendasikan MICHELIN Plate Yangming Spring (Shilin) — juga dianugerahi Bintang Hijau MICHELIN tahun ini atas dedikasi dan komitmen mereka terhadap masakan yang berkelanjutan.


Bintang Hijau MICHELIN diberikan kepada restoran-restoran terpilih di Buku Panduan MICHELIN, yang mempelopori dalam hal praktik-praktik terpuji yang berkeberlanjutan. Restoran-restoran ini menawarkan pengalaman gourmet kepada pelanggan mereka dengan menggabungkan keunggulan gastronomi dan ramah lingkungan, serta menjadi sumber inspirasi bagi semua pencinta makanan dan seluruh industri.


Di Mountain and Sea House, “farm-to-table” menjadi konsep inti restoran. Ketajamannya berkisar pada keyakinan bahwa produk lokal pusaka merupakan kunci dalam meracik hidangan lezat. Selain menanam sayuran secara organik, daging dan makanan laut berkualitas tinggi yang disajikan juga hanya diperoleh dari petani dan nelayan yang mempraktikkan metode produksi berkelanjutan.


Yangming Spring (Shilin) ​​percaya bahwa vegetarisme adalah praktik kuliner serta gaya hidup untuk menghormati lingkungan. Restoran ini menerapkan filosofi “menghargai makanan” dan mempraktikkan kebiasaan berkelanjutan seperti daur ulang untuk mengurangi limbah. Mereka juga berharap dapat lebih mempromosikan konsep ini melalui penerbitan buku, menyelenggarakan seminar, dan membuka toko ritel.


Penghargaan Koki Muda MICHELIN dan Penghargaan Atas Layanan MICHELIN yang pertama


Koki Yi Hua LIN 林佾華dari Sur di Taichung berhasil memenangkan Penghargaan MICHELIN Young Chef tahun ini. Lahir pada tahun 1991, ia lulus dari universitas kuliner profesional di Taiwan dan menunjukkan keahliannya dalam merancang menu yang menginterpretasikan kembali kebiasaan kuliner lokal di setiap musim. Menenun dari pengalaman pribadinya sehari-hari dan masa kecilnya, ia menggunakan bahan-bahan umum dan lokal untuk mewujudkan dan menafsirkan kembali budaya kuliner Taiwan.


Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2021 juga mencakup Penghargaan Layanan MICHELIN yang baru, yang bertujuan untuk menghargai profesional yang terampil dan berbakat dalam industri ini. Pemenang tahun ini adalah Jennifer, Wan Chen Ou 歐宛臻dari Le Palais di Taipei. Dengan pengalaman hampir 10 tahun di Le Palais, ia bersemangat dan antusias dalam pekerjaannya dan mengabdikan diri untuk memberikan layanan yang sempurna kepada para tamu dengan sikap dan senyum yang profesional dan ramah, sehingga membuat seluruh pengalaman bersantap menjadi penuh kesan.


Lokasi Bib Gourmand dan MICHELIN Plate di Taipei


Dua minggu lalu, Buku Panduan MICHELIN Taipei Taichung 2021 juga mengumumkan pemilihan Bib Gourmand tahunannya. Sebanyak 68 restoran di Taipei dan Taichung ditampilkan karena mampu memberikan pengalaman gourmet tanpa menguras kantong. Di Taipei dan Taichung, ini berarti para tamu dapat menikmati tiga hidangan berkualitas tinggi (tidak termasuk minuman) dengan harga kurang dari 1.000 dolar Taiwan.


Selain itu, Buku Panduan MICHELIN Taipei Taichung 2021 menampilkan total 33 tempat jajanan kaki lima di pasar malam ikonik Taipei seperti Ningxia, Raohe, Shilin, Linjiang Street, Gongguan, Jingmei, Yansan, dan Huaxi Street. Di antara mereka, sebanyak 23 adalah rekomendasi Bib Gourmand, sedangkan 10 telah menerima penghargaan MICHELIN Plate.


Buku Panduan MICHELIN Berekspansi ke Dua Kota Baru


Michelin3

MICHELIN juga mengumumkan hari ini bahwa pemilihan buku panduan akan diperluas untuk mencakup kota-kota Tainan dan Kaohsiung dalam edisi 2022. Dikenal sebagai kota budaya, Tainan terkenal karena menawarkan banyak makanan ringan dan hidangan laut. Toko-toko dan pedagang kaki lima sederhana yang dijalankan oleh pemilik generasi ketiga dan keempat itu kerap kali membuat antrian panjang untuk menikmati makanan lokal mereka.


Sebagai kota pelabuhan dan industri internasional, Kaohsiung adalah panggung yang sempurna untuk pembauran dan evolusi budaya etnis dan kuliner yang beragam termasuk Hokkien, Hakka, masakan desa asli serta veteran militer dan banyak lagi, yang menghasilkan kreasi makanan yang penuh warna, unik, dan lezat. Industri pertanian dan perikanan kota yang maju, ditambah dengan penggunaan bahan-bahan asli yang berharga dari darat dan laut yang diracik secara inovatif, memang telah membentuk tulang punggung tradisi gastronominya dan menjadikan kota ini sebagai magnet yang tidak dapat dilewatkan oleh para pengunjung yang cerdas.


Secara total, pilihan Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2021 meliputi:


Taipei

1 restoran dengan 3 Bintang MICHELIN

7 restoran dengan 2 Bintang MICHELIN (termasuk 1 yang dipromosikan)

21 restoran dengan 1 Bintang MICHELIN (termasuk 3 yang baru dipilih dan 2 yang dipromosikan)

35 restoran Bib Gourmand (termasuk 6 yang baru dipilih)

80 restoran MICHELIN Plate (termasuk 14 yang baru dipilih)

23 kios jajanan kaki lima Bib Gourmand

10 kios jajanan kaki lima MICHELIN Plate


Taichung

1 restoran dengan 2 Bintang MICHELIN

4 restoran dengan 1 Bintang MICHELIN (termasuk 1 yang baru dipilih dan 1 yang dipromosikan)

33 restoran Bib Gourmand (termasuk 13 restoran baru dipilih)

31 restoran MICHELIN Plate (termasuk 2 yang baru dipilih)


Untuk daftar lengkap Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2021 dan berita tentang Buku Panduan MICHELIN terbaru, kunjungi situs web resmi Buku Panduan MICHELIN: https://guide.michelin.com/