Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2020: Seleksi Pertama Yang Cemerlang di Taichung dan Empat Restoran Berbintang Baru di Taipei, Termasuk Satu Yang Berpredikat Bintang-2 Baru

Michelin telah mengumumkan seleksi lengkap restorannya untuk Buku Panduan MICHELIN Taipei & Taichung edisi 2020. Sebanyak 170 restoran di Taipei dan 56 di Taichung dihadirkan dalam seleksi tahunan terbaru ini.

Satu Restoran Baru Bintang 2 dan 3 Restoran Baru Bintang-1 di Taipei

Empat restoran di Taipei berhasil meraih penghargaan bintang baru tahun ini. logy, yang tahun lalu berhasil mendapatkan satu Bintang MICHELIN untuk pertama kalinya, dipromosikan menjadi dua bintang pada seleksi tahun 2020. Restoran yang dibuka sebagai bagian dari Florilège yang terkenal di Tokyo pada tahun 2018 ini memiliki 13-kursi yang dikepalai oleh koki Jepang Ryogo Tahara, yang meracik bahan-bahan lokal dengan teknik modern dan tradisi Asia yang kuat.

Kenaikan peringkat logy menambah jumlah total restoran bintang dua MICHELIN di Taipei menjadi 6, termasuk RAW, Shoun Ryugin, Sushi Amamoto, Taïrroir dan The Guest House, yang masih mempertahankan predikat dua bintang.

A Cut steakhouse, yang berada di lantai dasar Hotel Ambassador Taipei, telah diberikan satu bintang tahun ini berkat rekomendasi MICHELIN Plate sebelumnya. Pengunjung dapat menyaksikan potongan daging sapi premium dari AS dan Australia diracik di dapur terbuka di samping bar trendi nan mewah yang dibatasi oleh dinding lemari wine.

Dua restoran lainnya di Taipei juga baru saja dianugerahi satu bintang. Molino de Urdániz, yang terletak di Hotel MVSA, adalah cabang luar negeri pertama dari restoran bintang dua MICHELIN El Molino de Urdániz di Spanyol. Kedua kepala kokinya dilatih di Spanyol dan mengusung 12 menu pencicipan yang mampu membawa pengunjung menyelami perjalanan kuliner melintasi pegunungan dan lautan Taiwan. Restoran bintang satu baru lainnya adalah Sushi Akira di Distrik Zhongshan, yang dikepalai oleh koki berpengalaman lebih dari 20 tahun. Tempat tersebut dipugar pada tahun 2018, namun standar ketat koki dalam menyajikan sushi Edomae dengan hanya menggunakan ikan terbaik masih tetap terjaga. Dengan tambahan restoran-restoran ini, Taipei kini memiliki total 19 restoran bintang satu MICHELIN.

Restoran Kanton Le Palais masih mempertahankan peringkat tiga bintangnya dan saat ini menjadi satu-satunya restoran bintang tiga MICHELIN di Taiwan. Secara keseluruhan, Panduan MICHELIN Taipei & Taichung edisi 2020 mencantumkan 26 restoran MICHELIN Star di Taipei.

Selain empat restoran berbintang yang baru, ada 18 restoran di Taipei yang baru bergabung dalam seleksi dengan peringkat MICHELIN Plate. Mereka menyajikan beragam masakan, mulai dari Eropa kontemporer (Anima, The Tavernist, Ulv dan Yoru), Thailand (Baan), Asia Tenggara (Chope Chope Eatery), kontemporer Prancis (Mirawan dan Paris 1930 de Hideki Takayama), Italia (Pasti Trattoria), Shanghai (Shen Pu Shang Yen), Jepang (Sushiyoshi) dan inovatif (Chateau Zoe); serta berbagai gaya yang berbeda termasuk teppanyaki (Iron Chef Teppanyaki, The Ukai dan Zan), barbekyu (Vanne Yakiniku) dan sushi (Sushi Masuda dan Sushi Wou) – yang menekankan pentingnya Taipei sebagai pusat gastronomi menarik dan dinamis yang menyatukan bakat kuliner dari seluruh dunia.

Sebanyak 11 tempat jajanan kaki lima di pasar malam ikonik Taipei seperti Raohe, Ningxia, Linjiang Street, dan Jingmei juga disorot dalam seleksi tahun ini oleh MICHELIN Plate.

Dirilis dua minggu lalu, Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2020 juga menyoroti 54 restoran Bib Gourmand di Taipei di mana pengunjung dapat menikmati hidangan tiga macam berkualitas dengan harga kurang dari 1.000 dolar Taiwan (belum termasuk minuman).

Satu Restoran Bintang 2 dan Tiga Restoran Bintang Satu di Seleksi Taichung Yang Baru

Atas inisiatif memperluas seleksi mereka ke Taichung untuk pertama kalinya, inspektor Panduan MICHELIN juga telah menyematkan Bintang MICHELIN di empat restoran di kota itu. “Inspektor kami sangat terkesan dengan penampakan kuliner Taichung yang lezat dan indah. Mereka menemukan tidak kurang dari 56 restoran yang layak dianugerahi MICHELIN, termasuk satu restoran bintang 2 dan tiga restoran bintang 1, yang semuanya menggambarkan daya tarik gastronomi kota”, ujar Gwendal Poullennec.

Restoran yang langsung memulai debutnya di Panduan MICHELIN dengan predikat bintang dua adalah JL Studio yang dikepalai oleh koki Singapura Jimmy Lim, yang memperoleh keterampilannya dari restoran terkenal dunia. Untuk menu pencicipannya, ia mendekonstruksi hidangan ikonik Singapura seperti nasi ayam Hainan atau sate dan kepiting cabai yang diolah dengan menarik menggunakan teknik Prancis yang solid.

Ada tiga restoran yang dianugerahi satu bintang: kepala koki wanita Fleur de Sel, Justine Li, yang telah bekerja di Prancis dan Italia selama tiga dekade sebelum meluncurkan restorannya sendiri di Taichung, ia menyajikan menu pencicipan yang unik namun dieksekusi dengan tepat menggunakan bahan-bahan lokal dan mengganti menunya setiap hari. Di Forchetta, Max Tseng kepala koki dokter hewan terlatih mengungkapkan kecintaannya pada makanan dan berkebun dengan kreasi Kombinasi-Timur-Barat yang cerdik, yang diracik hampir seluruhnya dari produk lokal. Spesialis barbekyu Wagyu, Oretachi No Nikuya, yang berarti “rumah daging kami” dalam bahasa Jepang, menawarkan potongan daging sapi Hida yang mahal dan ras langka seperti daging sapi Kobe dari Hyogo dan daging sapi Zaitun dari Kagawa, serta dengan menu rahasia bagi kalangan tertentu.

Koki sekaligus pemilik Oretachi No Nikuya, Sam Chung, juga menerima Peghargaan Koki Muda MICHELIN tahun ini. Penghargaan diberikan kepada koki yang berusia di bawah 36 tahun dan bekerja di salah satu restoran MICHELIN Star terpilih tahun ini. Inspektor Panduan MICHELIN memuji koki berusia 30 tahun itu atas kecintaannya pada bahan, teknik terampil, dan interaksi pribadi dengan pengunjung, sehingga menjadikan pengalaman bersantap lebih hangat dan menyenangkan.

Selain restoran MICHELIN Star, seleksi Taichung mencakup 31 restoran yang diakui oleh MICHELIN Plate, yang menyajikan masakan seperti Taiwan, Kanton, Thailand atau Perancis dan kategori yang meliputi barbekyu, makanan laut, pasta, serta sushi. Selain itu ada 21 restoran lainnya yang juga dianugerahi Bib Gourmand di Taichung.

Secara keseluruhan, seleksi Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2020 mencakup:

Taipei

1 restoran dengan 3 Bintang MICHELIN

6 restoran dengan 2 Bintang MICHELIN (termasuk 1 yang dipromosikan)

19 restoran dengan 1 Bintang MICHELIN (termasuk 3 yang baru dipilih atau dipromosikan)

54 restoran Bib Gourmand (termasuk 7 yang disetujui kembali atau baru terpilih)

79 restoran MICHELIN Plate (termasuk 18 yang baru dipilih)

11 kios jajanan kaki lima MICHELIN Plate

Taichung

1 restoran dengan 2 Bintang MICHELIN

3 restoran dengan 1 Bintang MICHELIN

21 restoran Bib Gourmand

31 restoran MICHELIN Plate

Untuk daftar lengkap Panduan MICHELIN Taipei & Taichung 2020 dan berita Panduan MICHELIN terbaru, ikuti saluran resmi Panduan MICHELIN di bawah ini:

Laman Web Rasmi Panduan MICHELIN Taiwan: https://guide.michelin.com/tw/zh_TW

Laman Facebook Rasmi Panduan MICHELIN Taiwan: https://www.facebook.com/MichelinGuideTaiwan/

Saluran Youtube Panduan MICHELIN Asia: https://www.youtube.com/MICHELINGuideAsia/

#MICHELINGUIDETW #MICHELINSTAR20