Hal yang Dapat Dilakukan saat Berkunjung dengan Pesawat Terbang ke Taiwan Utara

Keelung

Kendati Keelung dikenal sebagai kota pelabuhan dengan karakter kelas buruh yang khas, namun dalam beberapa tahun terakhir kota ini juga tak luput dari sentuhan modernisasi yang signifikan, dan yang paling mencolok bagi para pengunjung adalah stasiun kereta api baru dan pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan dermaga tempat kapal pesiar berlabuh. Bagi para pencinta kuliner, tempat untuk mencicipi makanan kaki lima di sana adalah Pasar Malam Miaokou, yang mulai beroperasi hanya di sore hari.

Cara mencapainya: Pasar malam ada di Jalan Ren no.3, dapat ditempuh dengan 15 menit berjalan kaki ke arah selatan dari dermaga kapal pesiar.

Jiufen

Jika Anda menuju ke bagian timur Keelung, yang terletak di sepanjang punggung gunung yang menghadap ke laut, di lokasi ini Anda dapat menemukan tempat favorit wisatawan Taiwan lainnya yaitu, kota Jiufen. Pusat penambangan kuno tersebut saat ini terkenal dengan Jalan Kuno yang sempit dan pemandangan pantai yang mempesona, yang sangat indah terutama saat matahari terbenam.

Cara mencapainya: Naik taksi atau naik bus No. 788 (halte bus berada di Jalan Zhong no. 1, Di seberang jalan dari sebelah dermaga Ocean Plaza).

Pulau Heping

Daerah Pantai Utara dan Pantai Timur Laut Taiwan terkenal dengan formasi batu-batuannya yang memukau. Di lokasi yang terdekat dengan pelabuhan itu, Anda dapat mengagumi beberapa formasi batu-batuan yang indah, yang terukir alami oleh terpaan angin dan air, dan dikenal sebagai Pulau Heping, yang dapat ditempuh dengan taksi atau bus.

Cara mencapainya: Naik taksi atau naik bus No. T99 (Bus Shuttle East Line Keelung) dari jaringan Shuttle Turis Taiwan. Halte bus berada di depan Pusat Pengunjung Keelung, di dekat gedung Stasiun Kereta Api Keelung yang lama.

Pingxi

Di pedalaman tenggara Keelung, yang membutuhkan kombinasi perjalanan bus dan kereta api, terdapat Lembah Pingxi. Lembah ini adalah rumah bagi sejumlah kota kecil dan desa-desa kecil, yang dulunya juga merupakan bekas pusat pertambangan, dan dikelilingi oleh gunung-gunung rimbun berwarna hijau. Objek wisata terindah di daerah ini adalah Air Terjun Shifen yang memukau, yang bisa ditempuh dengan 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Kereta Shifen.

Cara mencapainya: Naik taksi atau naik bus No. 788 ke Stasiun Kereta Ruifang dan pindah ke kereta yang menuju ke kota Jingtong (terminalnya berada di Jalur Cabang Pingxi). Atau, naik bus No. 791 ke Stasiun Kereta Badouzi dan dari sana naik kereta menuju ke Jingtong.

Yehliu Geopark

Bila Anda menyusuri pantai barat laut Keelung, Anda akan tiba di salah satu tempat wisata terpopuler di Taiwan utara yaitu, Yehliu Geopark, yang menyuguhkan sebuah keajaiban dari patung batu-batu alam berbentuk unik, dengan patung yang paling ikonik bernama Kepala Ratu. Di dekat Pelabuhan Perikanan Guihou juga dapat ditemukan tempat luar biasa untuk mencicipi beberapa makanan laut segar yang terkenal di Taiwan.

Cara mencapainya: Naik taksi atau naik bus No. T99 (Shuttle West East Line Keelung) dari jaringan Shuttle Turis Taiwan dari Pusat Pengunjung Keelung.

Taipei

Jika yang paling menarik minat Anda adalah mengenal ibu kota Taiwan, Anda dapat naik kereta api dari Keelung ke Stasiun Utama Taipei dan itu hanya membutuhkan waktu 50 menit. Dari sana, sistem MRT (Taipei Metro) dapat segera mengantarkan Anda ke tempat-tempat wisata seperti Taipei 101, Balai Peringatan Chiang Kai-shek, Kuil Longshan, dan Museum Istana Nasional (harus naik bus meski jaraknya dekat). Tepat di luar Stasiun Utama Taipei, di Jalan Zhongxiao Barat, Anda juga dapat menemukan halte bus untuk naik Bus Wisata Taipei, layanan yang akan membawa Anda mengikuti tur singkat di sekitar pusat kota Taipei (ada dua rute yang berbeda).

Cara mencapainya: Naik Kereta Lokal dari Stasiun Kereta Keelung ke Stasiun Utama Taipei. Atau, naik bus Kuo Kuang Motor Co. dari halte di depan Stasiun Kereta Keelung yang lama ke Taipei; turun di halte Universitas Teknologi Nasional Taipei (di Stasiun MRT Zhongxiao Xinsheng) atau Stasiun Bus Taipei.

Info

Untuk informasi lebih lanjut tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di dan sekitar Keelung dan di bagian Taiwan lainnya, Anda dapat mengunjungi Pusat Pengunjung Keelung, yang terletak di samping gedung Stasiun Kereta Api Keelung yang lama.