Budaya Tradisional Berpadu dengan Rekreasi Budaya Modern di Tainan


Kota Tainan, yang lahir empat abad yang lalu, merupakan kota yang menyimpan segudang situs warisan penting Taiwan yang paling populer. Berikut adalah kuartet wisata yang telah beroperasi – atau lebih tepatnya “dihidupkan kembali” – dalam dua dekade terakhir, suatu situs sejarah yang telah dihidupkan kembali dan sekarang berfungsi ganda sebagai pusat pembelajaran pusaka dan pusat usaha artistik.


Bagi para wisatawan yang haus akan situs bersejarah, dan terutama bagi mereka yang tertarik dengan sejarah Taiwan, kota Tainan laksana surga bagi mereka. Di sinilah titik nol bagi sejarah Taiwan, tempat pemukiman pertama suku Cina Han dan sebagai ibu kota pulau itu selama lebih dari 200 tahun. Di sini kami mengantar Anda menyusuri perjalanan khusus ke situs warisan berskala besar yang telah dihidupkan kembali, yang dikelola oleh pemerintah, dengan tujuan sebagai pameran kisah sejarah pulau dan simpul kreatif yang mempromosikan seni budaya. Kami menghabiskan waktu di dua kompleks penyulingan gula dan kompleks saluran air, dan di antara sisa-sisa pelabuhan di pedalaman.


Your Content Goes Here

台南_十鼓仁糖文創園區

Toko Buku

台南_十鼓仁糖文創園區2

Pokok beringin tua


Desa Budaya Sepuluh Gendang


Lanskap Taiwan dipenuhi dengan kompleks kilang gula tua yang tak ternilai secara historis. Kompleks ini dibangun oleh kolonial Jepang saat mereka menjajah Taiwan pada tahun 1895~1945. Kompleks yang sempat ditinggalkan sebentar ini kemudian diselamatkan dan dihidupkan kembali – direnovasi dan digunakan seperti mesin waktu bagi pecinta sejarah, sekaligus menjadi basis bagi seniman, kelompok seni budaya, dan perusahaan kreatif budaya. Kompleks yang sekarang disebut Desa Budaya Sepuluh Gendang, dibangun sebagai Pabrik Gula Rende, yang terbesar, paling terawat, dan yang paling komprehensif serta direnovasi dengan sangat inovatif dan dengan misi yang diperbaharui. Desa ini terletak di bagian selatan pusat kota Tainan.


Grup Seni Perkusi Sepuluh Gendang yang terkenal adalah grup pertunjukan dan pendidikan yang menggabungkan seni musik gendang tradisional dengan elemen teater modern. Kesenian ini telah menjadi bagian intrinsik dari budaya urban modern Taiwan, dan pernah tampil di seluruh dunia. Grup ini memiliki tiga misi dalam mengelola kompleks pabrik Rende tua seluas 5 hektar: pertunjukan grup dan musiknya, pelestarian sejarah industri gula Taiwan, dan penciptaan daya tarik ekologis. Halamannya ditata dengan anggun, terkesan cerah dalam balutan warna-warni bunga dengan kupu-kupu indah yang beterbangan. Desa ini ditujukan sebagai destinasi wisata sehari penuh untuk seluruh keluarga, dengan hiburan yang sesuai bagi semua usia, seperti yang akan kita lihat nanti. Tiket mencakup akses gratis ke semua hiburan di dalamnya, termasuk makanan, minuman, dan barang-barang ritel.


台南_十鼓仁糖文創園區3

Mesin pabrik tua

台南_十鼓仁糖文創園區5

Pintu masuk ke Bar Gula Ajaib


Satu pabrik tua yang besar dan lapang ini berisi teater pertunjukan mutakhir grup perkusi. Pertunjukan ini diadakan setiap hari.


Pabrik besar yang kedua dibagi menjadi empat lantai. Lantai pertama adalah bar dengan langit-langit tinggi, dan yang kedua adalah toko buku cantik seperti fotonya dengan jejeran buku berjudul bahasa Mandarin. Lantai ketiga memiliki ruang panahan mini (untuk anak-anak, dengan panah lembut) di tengah hiruk pikuk pipa, mesin, dan benda logam lainnya. Lantai keempat dilapisi dengan tong distilasi yang baru dicat; Anda dapat menulis harapan dan berkah pada tablet kayu kecil, bergaya Jepang, meletakkannya di tali panjang, dan akhirnya akan “diserap” ke dalam tong. Di pabrik ini Anda bahkan bisa catwalk di atap sambil menikmati pemandangan yang memukau.


Tepat di belakang pabrik kedua berjejer tiga menara distilasi bertingkat yang sangat besar. Saat ini, di dalam salah satu menaranya terdapat kafe mewah, dan di dalam menara yang lain berisi seluncuran tabung yang tinggi, sedangkan di menara terakhir terdapat museum kecil yang mengeksplorasi sejarah grup perkusi dan sejarah penyulingan, yang berfokus pada keluarga Jepang yang bermukim di sekitar kompleks.


Di tempat lain, Anda bisa melakukan hal-hal menyenangkan seperti masuk langsung ke bagian dalam cerobong asap setinggi 67m yang telah dibersihkan, melakukan terjun bebas dan zipline (titik peluncuran zipline berada tepat di bawah catwalk di pabrik kedua), dan belajar tentang Gendang Sepuluh Gendang sambil memukul gendang sendiri, bersama instruktur dari pakar Sepuluh Gendang.


台南_十鼓仁糖文創園區7

Grup perkusi Sepuluh Gendang

十鼓天堂路

Catwalk di atap


Desa Budaya Sepuluh Gendang (Pabrik Gula Ronde) 十鼓臺南仁糖文創園區

Alamat: No. 326, Sec. 3, Wenhua Rd., Distrik Rende, Kota Tainan

Jam Buka: 9.30 am – 5.00 pm (setiap hari)

Tiket: NT $449/Rp. 220.000 (dewasa)

Situs Web: tendrum.com.tw (bahasa Cina)


Tempat Lain yang Direkomendasikan


Taman Shan-Shang Tainan dan Museum Saluran Air Tua berada di pedesaan timur laut dari pusat perkotaan. Lokasi wisata pusaka ini menyuguhkan pemandangan yang menarik tentang pekerjaan pembangunan sistematis Jepang ketika masih menjajah Taiwan. Kompleks yang terpelihara dengan baik ini memasok air dari Sungai Zengwen dan memurnikannya sebelum mengirimkannya ke Kota Tainan melalui Aliran Air Tainan Kuno, dengan menggunakan sistem pasokan air gravitasi.


Ruang Filter/Kantor Aliran Air dibangun dengan bata merah dan atap kayu. Di dalam Ruang Filter terdapat 14 set lengkap mesin penyaringan cepat buatan Inggris. Ruang Pembuangan Pompa, dibangun dengan gaya yang sama, dengan langit-langit ekstra tinggi. Ruang ini memiliki serangkaian mesin besar asli, termasuk empat pompa dan derek skid. Kolam Pemurnian, terletak di bukit tinggi yang dapat dicapai melalui tangga besar dengan 180 anak tangga yang curam. Di bagian depannya berdiri sebuah bangunan seperti benteng yang terbuat dari batu alam dan bahan batu tiruan.


Di antara tempat rekreasi taman artistik terdapat instalasi berskala besar yang diakui oleh Festival Seni Pulau Yuguang tahunan.


Bangunan batu bata merah tua

Ruang Filter


Taman Shan-Shang Tainan dan Museum Saluran Air Tua

Telepon: (06) 578- 1900

Alamat: No. 16, Shanshang, Shanshang Borough, Distrik Shanshang, Kota Tainan

Jam Buka: 9.30 am – 5.30 pm (setiap hari)

Tiket: NT $100/Rp. 50.000 (dewasa)

Situs Web: waterworks.tainan.gov.tw


Kota tua pusat pertanian Madou berada di sebelah utara pusat kota. Terletak di sepanjang Sungai Zengwen, “Madou” adalah terjemahan Tionghoa dari nama desa asli pribumi yang berdiri di sini. Dahulu kala, kapal layar dapat mencapai Selat Taiwan dari daerah ini, dan pelabuhan lokal yang sibuk mengirim barang-barang seperti gula tebu dan kulit rusa untuk diangkut ke luar negeri. Pelabuhan ini juga menjadi titik kedatangan imigran Tionghoa Han dari daratan Tiongkok. Pelabuhan ini akhirnya tersumbat oleh lumpur.


Taman Budaya Pelabuhan Tua Madou merayakan hari-hari kejayaan ini dengan pajangan berkualitas tinggi dan sisa-sisa memorabilia pelabuhan tua seperti jejak dermaga tua, tambatan sungai, jembatan, dan saluran sungai tua. Museum setempat yang menarik merupakan sebuah karya seni abstrak modern yang memikat, yang dinamakan Rumah Cerita Laut Pedalaman Daofeng, simbol keramahan lingkungan setempat terhadap kapal layar berabad-abad yang lalu. Pameran yang menampilkan seniman Taiwan juga diselenggarakan di sini.


台南_蔴荳古港文化園區

Pintu masuk ke Taman Budaya Pelabuhan Tua Madou

台南_蔴荳古港文化園區8

Perahu dari cangkang tiram


Taman Budaya Pelabuhan Tua Madou

Telepon: (06) 571- 8088

Alamat: No. 87-30, Nanshi, Nanshi Borough, Distrik Madou, Kota Tainan

Jam beroperasi: 9 am – 5 pm (tutup hari Senin & Selasa)

Situs Web: www.twtainan.net/en/attractions/detail/4605


Pusat Seni dan Budaya Tsung Yeh berada tepat di sebelah selatan Taman Budaya Pelabuhan Tua Madou. Ini adalah kompleks warisan lain yang berasal dari era Jepang, tempat penyulingan gula yang dioperasikan oleh Jepang. Setelah pabrik dihancurkan pada tahun 1998, masyarakat diminta untuk melestarikan situs yang tersisa. Saat ini pengunjung dapat mengunjungi Kantor Bata Merah, Kediaman Resmi Kayu, Wisma Kayu, Ruang Makan Bata Merah, Taman Jepang, lokomotif tua pengangkut tebu, dan pohon kamper berusia seabad. Saat ini situs ini juga menjadi pusat kerajinan tradisional, dengan pusat kerajinan, pameran khusus, dan lokakarya.


台南_總爺藝文中心2

Karya seni di halaman pusat budaya

台南_總爺藝文中心

Aula Makan Berbata Merah


Pusat Seni dan Budaya Tsung Yeh 

Telepon: (06) 571-8088

Alamat: No. 5, Zongye, Nanshi Borough, Distrik Madou, Kota Tainan

Jam beroperasi: 9 am – 5 pm (tutup hari Senin & Selasa)

Situs Web: www.twtainan.net/en/attractions/detail/4604