Era pasca-pandemi kian menjelang, dan pemulihan pariwisata internasional sudah di depan mata. Sementara itu, pemasaran pariwisata internasional Taiwan mendulang kabar baik. Pada tanggal 1 Juni, Taiwan dinobatkan sebagai “Destinasi Pariwisata Inklusif Terbaik Tahun Ini (non-OKI)” pada acara inagurasi “Halal in Travel Awards”, upacara resmi yang diselenggarakan oleh CrescentRating. Taiwan juga berhasil mempertahankan posisi kedua di antara destinasi pariwisata negara-negara non-OKI (Organisasi Kerjasama Islam) dunia pada “Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022” dari Mastercard-CrescentRating berkat pelayanannya dalam menyediakan lingkungan perjalanan yang ramah Muslim.


Dr. Trust Lin, Hsin-Jen, Wakil Direktur Jenderal Biro Pariwisata Taiwan, menerima penghargaan tersebut secara online, sesuai prosedur keamanan COVID-19. Lin mengucapkan terima kasih kepada CrescentRating karena telah menghargai upaya Taiwan baru-baru ini dalam meningkatkan lingkungannya yang ramah Muslim. Untuk menyambut teman-teman Muslim yang ingin berwisata ke Taiwan pasca-pandemi serta membantu masyarakat Taiwan untuk lebih memahami teman-teman Muslim, Biro Pariwisata Taiwan memperluas promosi makanan dan budaya Muslim, termasuk mendirikan paviliun Muslim di “Pameran Kuliner Taiwan” pada bulan Agustus ini.


CrescentRating telah bekerja sama dengan Mastercard di GMTI setiap tahun. Acara inagurasi “Halal in Travel Awards” ini merupakan ajang untuk mengakui destinasi, organisasi, perusahaan, dan individu yang telah memberikan dampak besar pada pariwisata gaya hidup Muslim. “Destinasi Pariwisata Inklusif Terbaik Tahun Ini (non-OKI)” yang diberikan kepada Taiwan terutama mengacu pada posisi kedua yang diraih Taiwan dalam laporan GMTI. Ini menunjukkan pencapaian Taiwan dalam mengintegrasikan sumber daya pariwisata Muslim, dan menunjukkan keramahan serta toleransi masyarakat Taiwan terhadap semua budaya dan agama.


Menurut kriteria GMTI 2022, Taiwan berhasil mempertahankan sebagian besar standar kinerjanya dari tahun lalu, selain juga memiliki kinerja yang luar biasa dalam sub-kriteria “Infrastruktur Transportasi”, “Keamanan” dan “Pembatasan Keyakinan”. Taiwan juga dinilai sangat baik dalam “Pemasaran Destinasi Pariwisata” dengan Malaysia, meraih lebih banyak poin daripada tahun lalu. Peningkatan ini menunjukkan betapa seriusnya Taiwan dalam menghargai pasar pariwisata Muslim. Sejak bisnis pariwisata terpuruk akibat COVID-19, tidak mudah bagi Taiwan untuk mempertahankan posisi kedua tahun ini di antara destinasi pariwisata negara-negara non-OKI, yang sebelumnya diraih bersama Inggris pada tahun 2021. Untuk peringkat destinasi OKI tahun ini, Singapura masih melanjutkan peringkat teratasnya sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Thailand dan Inggris.


Sejak merebaknya wabah COVID-19, pariwisata mancanegara ikut tersendat dan industri pariwisata mengalami kemerosotan. Terlepas dari situasi ini, Biro Pariwisata Taiwan tidak pernah berhenti memasarkan pariwisata Muslim dan mengintegrasikan sumber daya dari industri pariwisata dan sektor publik untuk meningkatkan lingkungan pariwisata di Taiwan. Untuk terus meningkatkan kesadaran merek pariwisata Taiwan di pasar pariwisata Muslim, Biro Pariwisata Taiwan menerbitkan dua jenis pedoman tentang penerimaan wisatawan Muslim pada tahun 2021. Dan bulan ini, Biro Pariwisata akan merilis empat film dokumenter berdurasi 10 menit yang mempromosikan Taiwan kepada wisatawan Muslim di Singapura, Malaysia dan Indonesia. Sementara itu, Biro Pariwisata Taiwan terus membantu industri perhotelan dalam membangun fasilitas ramah Muslim, memberikan bimbingan sertifikasi halal, dan mengadakan pelatihan penerimaan turis Muslim. Sehingga pada saat pariwisata mancanegara bangkit kembali, Taiwan akan muncul menjadi destinasi menarik yang siap untuk menyambut lebih banyak wisatawan Muslim untuk menjelajahinya. “Salam, selamat datang di Taiwan!”


Dr. Trust Lin, Hsin-Jen, Wakil Direktur Jenderal Biro Pariwisata Taiwan, menerima penghargaan secara online


Taiwan diakui sebagai “Destinasi Pariwisata Inklusif Terbaik Tahun Ini (non-OKI)” pada acara inagurasi “Halal in Travel Awards 2022”


Taiwan diakui sebagai “Destinasi Pariwisata Inklusif Terbaik Tahun Ini (non-OKI)” pada acara inagurasi “Halal in Travel Awards 2022”