Tempat Menginap yang Ramah Sepeda (Bike-Friendly)

Hotel, Homestay dan Hostel yang Mengakomodasi Pengendara Sepeda

Jika Anda ingin merencanakan pariwisata bersepeda lebih lama di Taiwan, atau mengikuti Rute Bersepeda 1 yang sangat populer, yang mengitari seluruh pulau, Anda harus menentukan tempat menginap yang sesuai. Apakah Anda khawatir tidak dapat membawa “kuda besi” kesayangan ke kamar Anda atau cemas pada keamanan tempat penyimpanan sepeda Anda? Jangan cemas, Taiwan memiliki banyak hotel, homestay dan hostel yang memiliki sarana khusus untuk melayani kebutuhan para wisatawan bersepeda.


Untuk mendapatkan ulasan tentang tempat menginap yang telah dievaluasi oleh Biro Pariwisata Taiwan dan dianugerahi label “ramah sepeda”, Anda dapat membaca situs taiwanstay.net.tw. Di sana, pilih Akomodasi Resmi lalu pada bagian Cari berdasarkan kategori berikut di sisi kiri, centang opsi Akomodasi ramah sepeda pada bagian Sarana olahraga. Klik Cari untuk membuka daftar ke lebih dari 500 tempat menginap yang bervariasi dan menawarkan sarana serta layanan yang dapat mengakomodasi kebutuhan para tamu bersepeda.


          Untuk dapat masuk ke dalam daftar sarana ramah sepeda ini, operator hotel harus memenuhi dua syarat dasar. Yang pertama adalah penyediaan ruang bagi pengendara sepeda untuk menyimpan sepeda selama mereka menginap. Ini bisa berarti bahwa tersedia area publik khusus yang dikelola dan/atau diawasi untuk mencegah pencurian, atau bisa juga berarti bahwa tamu diperbolehkan membawa sepeda ke dalam kamar mereka (banyak akomodasi yang menyediakan rak dinding untuk meletakkan sepeda di dalam kamar). Kondisi kedua adalah penyediaan ruang untuk membersihkan dan memperbaiki sepeda, termasuk keran air untuk mencuci sepeda yang berdebu dan tangan yang berminyak.

Foto milik Hotel Kadda


         Biro Pariwisata lebih lanjut merekomendasikan agar operator hotel menyediakan sarapan pagi atau sarapan take-out untuk pengendara sepeda yang harus berangkat lebih pagi, baik karena persyaratan rute mereka atau karena mereka mengikuti acara bersepeda/balap sepeda yang dimulai lebih pagi. Sarana lainnya adalah, memberikan fleksibilitas dalam hal waktu check-out untuk mengakomodasi para tamu yang mengikuti acara bersepeda, memungkinkan mereka untuk menyimpan barang bawaan di dalam kamar mereka hingga acara selesai dan memberi waktu untuk beristirahat dan menyegarkan diri sebelum check-out.


          Bagi tamu yang tidak membawa sepeda sendiri, operator hotel juga dihimbau untuk menyediakan sepeda sewaan serta memberikan saran dan info bermanfaat tentang bersepeda di area sekitar hotel atau homestay, seperti peta, itinerary, tempat wisata yang direkomendasikan, dll.

Hotel Red Dot di Taichung


         Informasi tentang akomodasi dengan harga terjangkau dan ramah sepeda di sekitar Taiwan juga dapat ditemukan di situs web I See You Taiwan Hostel Alliance (www.iseeyou.org.tw; berbahasa Mandarin). Di sana Anda dapat menemukan beberapa tempat menginap yang melayani wisatawan berusia muda, terutama pengendara sepeda. Agar terdaftar, hostel harus memenuhi persyaratan ketat yang ditentukan (termasuk pendaftaran resmi, penilaian yang baik oleh tamu, lingkungan yang ramah dan kaya budaya, dll.). Di antara sarana dan layanan gratis yang diberikan kepada pengendara sepeda oleh semua hostel anggota adalah isi ulang air, info wisata, pengisian daya perangkat seluler, WIFI gratis, sarana toilet umum, pompa lantai, peralatan dasar dan area perbaikan swadaya. Selain itu, dengan biaya yang murah (NT$50/Rp. 25.000 untuk mereka yang memiliki keanggotaan Aliansi; NT$100/Rp. 50.000 untuk non-anggota), hostel menyediakan area pembersihan sepeda, kamar mandi umum, mesin cuci swadaya dan mesin pengering, serta secangkir kopi/teh.

Foto milik Wisatawan Taipei